BUSERTRANS.COM

HUT Kabupaten Pangandaran ke-10, Bupati Jeje: Jangan Lupakan Sejarah

24/10/2022 17:40

Pangandaran - Buser Trans.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran menggelar Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke - 10 Kabupaten Pangandaran yang langsung di pimpin Bupati H Jeje Wiradinata, sebagai inspektur upacara, bertempat di lapang Alun-alun Parigi, Senin (24/10/2022).

Dalam sambutannya, Jeje mengatakan, bahwa Kabupaten Pangandaran mekar dari Kabupaten Ciamis pada 25 Oktober 2012. Kini usia Kabupeten Pangandaran telah genap berusia 10 tahun tepatnya 25 Oktober 2022.

Jeje mengatakan, meskipun baru satu dasawarsa berdiri, Kabupaten Pangandaran telah ngebut dalam membangun daerah otonomi baru, salahsatunya dalam pembangunan pariwisata, infrastrukur, kesehatan dan pendidikan.

Jeje berpesan, jangan melupakan sejarah bahwa Pangandaran lahir dari semangat warga Pangandaran untuk mandiri secara ekonomi.

"10 tahun menyelenggarakan pemerintahan bukan perkara yang mudah, apalagi ini mengawali pembangunan yang masih banyak sekali PR," ucapnya.

Lanjutnya lagi Jeje, terlalu subjektif jika dirinya yang menilai bilang bagus selama memimpin Pangandaran.

"Biarkan masyarakat dan sejarah yang menilai, karena kerja keras sudah kami lakukan," tegasnya.

Sebagai kabupaten baru di Jawa Barat, tidak banyak memikirkan prestasi tetapi fokus pada pengembangan yang menjadi cita-cita Pangandaran.

"Visi - misi kita kan tiada lain, yaitu menjadikan Pangandaran sebagai tujuan wisata yang berkelas dunia, itu yang menjadi PR kita," ucap Bupati Jeje.

Kendati demikian, menurut Jeje bahwa pencapaian pemerintah daerah serta prestasi yang dicapai merupakan bonus.

"Alhamdulillah jika saat ini bisa bersaing dengan kabupaten/kota di Indonesia Khususunya di Jawa Barat," kata Jeje.

Ia mengatakan menjadikan wisata Pangandaran yang berkelas dunia masih menjadi PR pemerintah, terutama kesiapan warga dalam menghadapi budaya yang datang dari luar negeri.

"Karena pariwisata mejadi bisnis utama kita, maka dorongan dari berbagai pihak harus bersinergi terutama dengan para ulama, apa yang nantinya harus kita lakukan," kata Jeje.

Jeje menambahkan, Pangandaran menjadi pariwisata yang mendunia tapi tidak melupakan karakter bangsa daerah.

"Jadi harus menyesuaikan dengan culture kita. Investasi itu memang penting dalam pergerakan ekonomi, pembangunan dan pariwisata, tapi tidak melupakan karakter daerah," imbuhnya.

Hadir dalam upacara peringatan HUT Kabupaten Pangandaran di antara lain, wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan, Sekda dan seluruh SKPD di lingkup Pemerintahan Kabupaten Pangandaran.

Selanjutnya tokoh Presidium pemekaran Kabupaten Pangandaran, TNI-Polri, Ormas, dan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Pangandaran. ( Ateng J).